Thursday 20 October 2011

Setting Proxy and System Fonts Ubuntu 11.10

Lama ga ngutak-atik ubuntu, ternyata pas nyoba pake ada notifikasi bahwa Ubuntu 11.10 is available. Untuk memenuhi rasa penasaran, saya kemudian nyoba upgrade secara online. setelah mencoba berkali-kali dengan mengganti repo lokal maupun luar ternyata error terus. Akhirnya saya mencoba alternatif lain dengan mendownload ISO nya dari repo lokal ugm.. Kemudian saya upgrade ubuntu saya yang masih versi 11.04. Kali ini saya mencoba install/upgrade ubuntu dengan memanfaatkan usb karena dvd room laptop saya rusak..:( Tutorial cara booting dari usb saya dapatkan dari situsnya bojalinuxer. Menarik juga install lewat usb.

Hal pertama yang mengganggu saya adalah tidak ada paket synaptic. sehingga saya dipaksa pake ubuntu software center. nah masalah yang muncul adalah saya bingung nyetting proxy nya karena saya menggunakan fasilitas internet dari kantor yang difilter pake proxy. setelah berselancar bersama mbah Google ternyata masalahnya sepele aja.
1. klik dash home di pojok kiri atas
2. cari aplikasi "network"
3. klik network proxy
4. setting dan klik "apply sytem wide"
setelah di tes, akhirnya koneksi internet lancar jaya..:)

Setelah proxy, hal yang mengganggu mata saya adalah font default nya yang terlalu gendut, jadi kurang sexy..:) dicari-cari setting font ga nemu juga. Kembali saya berselancar bersama mbah google. dan saya temukan tips nya di situs ini.
1. Open Terminal and run the following command
sudo apt-get install gnome-tweak-tool
2. open advanced setting from dash home at the top left corner
3. now you can can change the system font sizes in Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot

Selamat menikmati ubuntu 11.10

0 comments:

  © Blogger template 'SimpleBlue' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP