Friday 14 October 2011

Fluschipranie: The Facebook Album Saver

Suatu ketika, bapak saya dari kampung bilang kalau dia pengen melihat foto-foto terbaru cucunya -yang notabene adalah anak pertama saya. Mendengar hal tersebut, saya kemudian memutar otak gimana caranya ya? karena saya bukan tipikal orang yang suka mendokumentasikan foto yang sifatnya "ha ha hi hi". Kemudian muncullah ide untuk berselancar pada akun facebook istri saya yang bertipikal sebaliknya. Dan benar, di akun istri saya ada beberapa album foto yang salah satunya adalah album yang berisi dokumentasi foto anak kami dari waktu ke waktu. Ketika saya buka album tersebut, ada banyak foto anak kami dengan berbagai gaya, yang pasti lucu-lucu semua..:)

Karena banyak nya foto yang ada, capek juga kalo saya mesti nge-save foto tersebut satu per satu. Saya pengen agar semua foto yang ada di album tersebut bisa saya save sekaligus. Tapi bagaimana ya caranya?

Ketika wara-wiri bersama Om Google, saya menemukan sebuuah blog yang mengulas tentang apa yang saya butuhkan. Dalam blog tersebut, diuraikan cara menyimapan album foto di facebook menggunakan FacePAD Firefox Add-on. Tapi belum selesai saya membaca tutorialnya, ternyata ada peringatan dari sang penulis bahwa "trik ini sudah tidak bisa digunakan lagi karena pihak developer sudah menghapus Add-on dari website resmi mozilla!!" ow..ow..:(

Meski hampir patah arang, saya kembali menemui mbah Google untuk bertanya siapa tau ada jurus yang lain. Setelah mengutak-atik keyword, akhirnya ketemu juga tentang tulisan yang mengulas tema yang saya cari. Ternyata selain menggunakan FacePad (yang sudah dihapus), ada beberapa aplikasi lain yang memungkinkan kita bisa mendownload semua foto yang ada dalam satu album di facebook sekaligus. Diantaranya adalah: Pick N Zip, FotoBounce dan PhotoGrabber seperti yang diulas oleh "technolism" dalam blognya yang berjudul: 3 ways to download entire Facebook Photo Albums to your computer in a few clicks.

Selain ketiga aplikasi tersebut, ada juga aplikasi lain yang merupakan add-on nya firefox, yakni fluschipranie. Cara inilah yang akhirnya saya coba, dan berhasil..! berhasil..! Untuk mendownload dan tutorialnya, Anda bisa langsung ke sumber aslinya di addons.mozilla.org

Selamat mencoba..!

0 comments:

  © Blogger template 'SimpleBlue' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP